Ramadhan, Akrabkan Diri dengan Alquran

10:52 AM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Ramadhan, Akrabkan Diri dengan Alquran - Tatkala senja tiba, menara-menara masjid melantunkan ayat-ayat Alquran begitu syahdu. Inilah Ramadhan, bulan Alquran. Saat ketika Muslim berlomba-lomba mengakrabkan diri dengan Alquran.

“Alquran adalah keutamaan. Setiap huruf yang dibaca akan dinilai 10 kebaikan dan dilipatgandakan 700 kebaikan oleh Allah SWT,” kata Koordinator Pusat One Day One Juz (ODOJ), Ricky Adrinaldi, kepada Republika.



Pada bulan-bulan lain, kata Ricky, para ODOJers (sebutan untuk member komunitas ODOJ) biasanya tilawah satu hari satu juz. Ramadhan ini, mereka mempunyai target lebih. Ada yang tiga kali khatam, empat kali khatam, bahkan sampai 10 kali khatam.

Ricky mengisahkan. saat komunitas itu mengadakan Grand Launching Kalkulus (Kajian Al Quran ala Ustaz) pekan lalu, banyak anggota yang sudah khatam tiga kali. Bahkan, ada seorang kakek lanjut usia berusia 60-70 tahun yang khatam tiga kali dalam sepuluh hari pertama kemarin.

Jika tidak terbiasa, mengakrabkan diri dengan Alquran memang sesuatu yang berat. Ricky menjelaskan, semua ibadah dimulai dari niat. Saat ada niat atau komitmen kuat, Allah pasti akan memberi kemudahan.

Ricky menuturkan, tidak sedikit anggota yang saat bergabung di komunitas itu masih awam. Mereka mengikuti program sembari belajar. Yang awalnya masih terbata-bata, setelah dua tiga bulan akhirnya bisa membaca Alquran dengan lancar.

Bagi yang belum lancar, kata Ricky, ini bulan tepat untuk memperbaiki interaksi kita dengan Alquran. Ricky menyarankan untuk belajar ke rumah-rumah tahsin atau ustaz yang menguasai tahsin.

Rumah-rumah Alquran yang tersebar di pelosok daerah dan kampus-kampus juga bisa dimanfaatkan. “Mereka juga bisa bertanya kepada kami, nanti akan kami bantu rekomendasikan ustaz atau ustazah yang kompeten,” kata Ricky.

Sesibuk apapun aktivitas kita, membaca Alquran tetap harus dijadikan prioritas. Ricky menjelaskan salah satu tips untuk menyelesaikan satu juz per hari.

Ia menyebut, metode dua kali lima (2x5). Setiap selesai shalat fardhu, sempatkan waktu untuk membaca dua lembar Alquran. Sedikit demi sedikit, tapi berkesinambungan.(Kabar Ramadhan)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »