Puasa Ramadan Ternyata Mampu Mengurangi Kebiasaan Tidak Sehat

11:59 PM
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Puasa Ramadan Ternyata Mampu Mengurangi Kebiasaan Tidak Sehat - Saat berpuasa di bulan Ramadan seseorang diwajibkan tidak makan dan minum dari terbitnya matahari sampai terbenam. Istimewanya, tahukah Anda hal tersebut berdampak baik terhadap kesehatan?


Ada sejumlah manfaat kesehatan dari berpuasa selama bulan Ramadan. Di antaranya mengurangi kebiasaan buruk Anda selama ini, seperti merokok dan mengonsumsi junk food. Berikut penjelasannya yang dilansir dari Yahoo.

Cegah kebiasaan tidak sehat

Ramadan adalah waktu yang tepat untuk mengurangi kebiasaan buruk, seperti merokok dan makanan manis berlebihan. Dengan tidak memanjakan diri dengan kebiasaan buruk tersebut, maka setelah bulan Ramadan Anda akan terbiasa hidup sehat.

Penurunan nafsu makan

Salah satu masalah utama ketika bulan puasa adalah berat badan cepat turun, namun kembali lagi setelah Ramadan. Penurunan jumlah makanan yang dikonsumsi saat berpuasa menyebabkan lemak perut menyusut secara bertahap.

Jika Anda ingin membiasakan makan sehat, maka Ramadan adalah waktu yang tepat untuk memulai. Jika nafsu makan Anda lebih rendah dari sebelumnya, maka kemungkinan kecil untuk makan berlebihan setelah Ramadan.

Menyerap lebih banyak nutrisi

Dengan tidak makan sepanjang hari selama bulan Ramadan, maka metabolisme menjadi lebih efisien. Artinya, jumlah nutrisi yang diserap dari makanan menjadi lebih banyak.

Hal ini karena peningkatan hormon yang disebut adiponectin memungkinkan otot-otot menyerap lebih banyak nutrisi. Ini akan memberikan manfaat kesehatan secara keseluruhan.
(Kabar Ramadhan)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »